Burung Perkutut, Suara Gung nya Khas dan Magis

Suara Burung Perkutut Tetap Menjadi Kelangenan Para Kung Mania, Download Suara Gung Perkutut MP3 Disini!
Burung Perkutut Jantan dan Betina Sepasang
Burung perkutut pernah mengalami masa kejayaan dan masa keemasan pada jaman Old. Burung ini menjadi simbol status dan kedudukan di masyarakat tanah Jawa. Bahkan burung perkutut ini pada jaman baheula sering dihubung-hubungkan dengan kekuatan magis oleh mereka yang menganut kejawen.
Membahas burung perkutut memang tiada matinya, meskipun bermunculan trend burung kicau yang silih berganti dari jenis kenari, pindah ke lovebird, balik ke lovebird lagi, trend burung pleci, prenjak, manyar, kolibri, cendet hingga burung cucak rowo, jalak dan macam-macam burung lainnya, lomba burung perkutut tetap selalu diramaikan para penggemarnya (kung mania)
Hanya saja saat ini kamagisan burung perkutut sudah mulai ditinggalkan seiring dengan kemajuan dan juga terbukanya wawasan masyarakat. Saat ini, apalagi dikalangan kicaumania yang masih muda, burung ini tidak lebih daripada jenis burung kicauan seperti jalak, cucak rowo, cendet, pleci, prenjak, kenari, lovebird dan jenis burung kicau lainnya.
Mitos Yang Menyelubungi Perkutut. Dalam dunia burung Perkutut, terdapat istilah katuranggan yang sering diartikan sebagai ciri mathi atau ciri bentuk badan tertentu yang bisa berpengaruh (baik dan buruk) pada sang pemilik. Intinya, yang memelihara jenis burung Perkutut Bertuah dengan ciri tubuh tertentu, maka kehidupannya tidak akan jauh-jauh dari katuranggan yang dimiliki burung Perkutut tersebut. Dan kepercayaan ini sudah semakin pudar saat ini sehingga perkutut hanya sebatas burung peliharaan biasa dan sebagai binatang kesayangan.
Memang harus diakui suara burung perkutut memang khas karena ada nada gung nya. Boleh dibilang jenis burung perkutut adalah termasuk "burung klasik" dengan penggemar fanatik yang tetap bertahan hingga saat ini. Penggemar kicau burung perkutut ini dikenal dengan istilah Kung Mania. Harga burung perkutut juga bertahan, apalagi yang sudah langganan juara harganya bisa sangat mahal mencapai jutaan rupiah (ratusan juta?).

Ingin Menggunakan Suara Perkutut Untuk Masteran? Download MP3 nya dibawah ini:
Perkutut jawa adalah spesies burung dalam suku Columbidae, dari genus Geopelia. Burung ini merupakan jenis burung pemakan biji-bijian saja, akan tetapi tidak tertutup kemungkinan jika burung ini juga memakan serangga di habitat aslinya. (Wikipedia)
Nama ilmiah: Geopelia striata, Massa: 57 g (Dewasa) Encyclopedia of Life
Tingkatan takson: Spesies,Klasifikasi lebih tinggi: Geopelia Status konservasi: Risiko Rendah (Stabil) Encyclopedia of Life.
Beberapa Istilah Kejawen Dalam Dunia Burung Perkutut
  • Perkutut Kusuma Wicitra: Ciri burung ini mempunyai warna paruh dan sisik kaki keputih-putihan.
  • Perkutut Wisnu Wicitra: Ciri burung ini bulunya berwarna kehitam-hitaman.
  • Perkutut Wisnu Murti: Ciri burung ini memiliki kaki, mata, dan paruh berwarna hitam.
  • Perkutut Gendawa Sabda: Ciri burung ini suara manggungnya keras dan merdu. Perkutut Gendawa Sabda dapat digunakan untuk memikat Perkutut yang lain.
  • Perkutut Gedong Mengo: Ciri burung ini manggungnya menyongsong terbitnya matahari.
  • Perkutut Mineb Gedong atau Gedong Mineb: Ciri burung ini manggungnya menyertai terbenamnya matahari.
  • Perkutut Mercuci: Ciri burung ini matanya berwarna kuning dan sipit atau wayang bambangan.
  • Perkutut Mercu Jiwa: Ciri burung ini matanya berwarna kuning dan bulu sekitar pantat juga kuning.
  • Perkutut Muncis: Ciri burung ini bentuk badannya kecil memanjang.
  • Perkutut Udan Mas: Ciri burung ini bulunya berwarna coklat muda atau krem, serta bulu yang melingkar berwarna kekuning-kuningan.

Sumber https://lagump3apaaja.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel