Empat Jenis Sayuran Untuk Pakan Burung Sebagai Penjaga Stamina

Berbagai macam jenis burung kicau seperti parkit, kenari, Kakatua dan lovebird serta jenis lainnya membutuhkan tambahan pakan yang banyak mengandung vitamin untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Dan seperti juga manusia ternyata vitamin-vitamin alami untuk burung bisa didapatkan dari berbagai jenis sayuran.

Apa saja sayuran yang bisa dijadikan pakan tambahan untuk burung kicau? Simak macamnya dibawah ini yang disarikan dari omkicau.com

Mentimun atau Ketimun
Jika pada manusia, mentimun sering dijadikan lalapan sebagai teman bakar-bakaran yang bermanfaat untuk mengurangi efek negatif dari makanan yang dibakar. Mentimun memang sangat banyak mengandung antioksidan yang sangat dibutuhkan untuk mencegah radikal bebas yang bisa meracuni tubuh.

Mentimun / ketimun / timun (Cucumis sativus) adalah tanaman dari suku labu-labuan atau Cucurbitaceace. Kandungan airnya cukup tinggi, sehingga banyak diberikan kepada kenari saat cuaca terik. Mentimun juga sering diberikan kepada burung yang akan melakukan perjalanan jauh.

Manfaat lain dari mentimun adalah membantu mengurangi lemak pada burung yang mengalami obesitas, dan mengurangi birahi burung kenari yang mengalami OB (over birahi).

Pemberiannya dilakukan dengan memotong mentimun, lalu menggantungnya dalam sangkar menggunakan pengait buah. Di beberapa negara Asia, mentimun saat ini menjadi pakan favorit. Namun penyajiannya agak berbeda, yaitu hanya diambil biji-bijinya, kemudian dikeringkan dan diberikan kepada burung.

Sayur Daun sawi
Daun sawi termasuk sayuran hijau yang sering diberikan kepada burung pemakan biji-bijian sebagai pakan tambahan yang penuh manfaat. Sawi kaya antioksidan flavonoid, indoles, sulforaphane, karoten, lutein, dan zeaxanthin. Daun sawi segar juga banyak mengandung vitamin C dan vitamin A.

Sawi sangat baik diberikan kepada burung pemakan biji-bijian seperti kenari, finch, dan paruh bengkok, karena sebagian besar kandungan nutrisinya bermanfaat untuk pencernaan burung, termasuk memudahkan burung saat buang kotoran.Itulah tujuh pakan tambahan favorit yang sering diberikan kepada burung kenari dan paruh bengkok, dengan tujuan agar burung memiliki daya tahan yang tinggi terhadap serangan penyakit, menstabilkan birahi, dan merangsangnya supaya lebih rajin berbunyi.

Wortel

Ternyata tidak cuma kelinci yang membutuhkan wortel, burung kicau juga sangat bagus jika diberikan pakan tambahan berupa wortel ini. Secara umum wortel sudah lama dikenal luas sebagai sumber vitamin A yang sangat bagus bagi penglihatan sehingga orang tua sangat menganjurkan anak-anaknya untuk memakan wortel untuk menjaga kesehatan matanya.

Wortel termasuk jenis sayuran yang umum, murah, mudah didapat, serta memiliki banyak manfaat. Wortel bisa diberikan kepada semua jenis burung pemakan biji-bijian dengan cara bervariasi.

Pemberian wortel pada burung kicauan juga bisa membantu menghasilkan pigmen warna, terutama untuk burung dari jenis kenari merah. Sebab wortel memiliki karotein yang sangat dibutuhkan untuk itu.

Cara penyajian wortel biasanya dilakukan dengan memarutnya. Sebaiknya direbus terlebih dahulu, kemudian diparut dan diberikan kepada burung.

Cabai merah
Mendengar kata cabe merah yang terbayang mungkin makanan berupa sambal, tetapi ternyata burung kicau juga menyukai cabai merah. Apakah burung bisa kepedasan jika memakan cabe merah atau jenis cabe lainnya? Ternyata burung tidak memiliki indera perasa pada lidahnya dan dijamin tidak akan bisa merasakan pedasnya cabai.

Cabai merah sangat bermanfaat untuk burung peliharan. Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, cabai merah juga mempunyai kandungan zat warna merah atau karotein sebagaimana wortel.

Cabai merah bisa disajikan dengan beragam cara. Misalnya diberikan hanya bagian kulitnya saja, sedangkan bijinya dibuang atau boleh juga diberikan dalam bentuk utuh, seperti terlihat pada gambar di atas. Burung tidak mempunyai reseptor rasa, sehingga mereka tidak merasakan panas atau pedas dari cabai.


Sumber https://lagump3apaaja.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel